July 1, 2008

Ternyata menulis tidak semudah itu… :p

Posted in Uncategorized tagged at 8:09 am by Mrs. Ghifary

Ass.wr.wb.

Oke, ternyata menulis memang tidak semudah itu. Kirain niat dan sebuah cerita aja cukup, tapi nggak tuh.. haha..

Jadi gini, sejak niatan untuk kembali memenuhi blog ini muncul, udah ada dua draft tulisan yang gw buat. Sayangnya, dua – duanya ga selese. Kenapa ga selese?? Karena ternyata buat gw menulis tidak semudah itu. Minimal ada dua alasan yang membuat menulis menjadi sesuatu hal yang tidak mudah buat gw, at least klo dibandingkan sama bercerita melalui mulut, straight to the person you want to talk to.

Pertama, menulis di publik seperti ini buat seseorang yang cukup narsis kaya gw, butuh banyak pertimbangan. Pertimbangan di sini adalah, gimana caranya supaya tulisan gw bisa mencermiinkan diri gw, tapi in a good way (narsis bukan?? yup, that’s me). Salah satu yang bikin draft gw lama ga selese2 adalah, gw berkali – kali merubah sudut pandang penceritaan gw. Karena gw selalu berpikir, “Kalo gw nulis kaya gini, orang nangkepnya gmana ya??”. Kelebihan ketika kita bercerita langsung lewat mulut adalah, kita udah tau target person penceritaan kita, jadi ga perlu mikirin cara bicara yang kaya apa dan akan menghasilkan reaksi seperti apa. Worst case-nya, kita terpaksa berbicara, saat itu juga, jadi ga ada waktu untuk berpikir apakah ucapan kita cukup cocok menggambarkan diri kita atau nggak. Sebaliknya, waktu yang banyak untuk nulis gw habiskan untuk bertanya – tanya. Hiks. Ini terjadi pada draft tulisan gw yang pertama. Gw bocorin deh, tentang kehidupan kereta gw.

Alasan kedua yang membuat menulis itu susah, adalah nulis itu butuh kesabaran. Buat orang bawel kaya gw, ngomong itu menyenangkan, gampang, dan tentunya cepat. Dalam beberapa detik semua yang ada di kepala bisa keluar. Tapi entah kenapa, ketika omongan itu ditransfer melalui jari, seakan ada delaynya, delay dari transportasi ide di kepala, melewati lengan, menuju jemari. Mungkin ada faktor dari alasan pertama. Tapi selain itu, ntah kenapa kalau dituangkan lewat tulisan, kreatifitas menjadi sangat berkembang. Yang tadinya mungkin cuma rancangan cerita setengah halaman A4, malah jadi 2halaman, terus berkembang, dan ga selese – selese. Hal ini juga yang menantang kesabaran gw. “Kok ni tulisan ga selese – selese sih?? Lama – lama jadi satu buku juga..” This one happened in my second draft. Tentang “kerja praktek menjadi Ibu Rumah Tangga”. But then I quit. Haha.

Tapi kedua alasan itulah buat gw yang menarik. Gw bahkan menulis tulisan ini tanpa di-draft-kan. Lucu, ya?? Menulis memang susah, tapi mungkin itu tantangan buat seseorang seperti gw. Kalau menulis ga terlalu dipikirin, just let it flow, which I am doing it right now, tampaknya menulis menyenangkan – menyenangkan aja. Gw jadi menghargai para penulis, yang bisa dengan lancar dan menikmati membuat tulisan, bahkan dengan sastra – sastra yang sangat indah.

Hmm, sebetulnya gw pengen nyelesein kedua draft tulisan gw. Doakan saja, supaya lancar dan kedua tantangan di atas bisa gw lalui dengan baik, hehe.. Hopefully.. Bye.. 😀

Wass.wr.wb.

Advertisements

1 Comment »

  1. harlockwords said,

    pelan pelan
    pasti bisa
    yang penting jujur

    salam kenal
    please visit my site
    need advise


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: