September 4, 2008

Ramadhan dan Televisi

Posted in Uncategorized tagged , at 10:57 am by Mrs. Ghifary

Ass. wr. wb.

Alhamdulillaah, sudah tiga hari puasa terlewati.. Semoga tidak ada sedikitpun yang sia – sia dalam kurun waktu 3 x 24 jam itu.. 🙂

Selama 3hari kemarin, gw menjalani rutinitas harian standar gw, dengan tambahan2 beberapa aktifitas yang biasanya ga dilakuin kalo bukan bulan puasa.. Salah satu rutnitas gw adalah nonton tv tentunya (gw tv-freak :p).. Nah, sekarang gw mw ngebahas tontonan rutin gw selama bulan puasa, dimulai saat sahur..

1. 03.15 – 04.00 -> Tafsir Al-Misbah
Gw baru bangun paling cepet tiga seperempat.. Terus sampe jam 4 gw sahur ditemenin sama acara Tafsir Al-Misbah bersama Quraish Shihab. Acaranya bagus banget, banyak banget yang bisa dipelajari, terutama kita jadi bisa tahu apa makna dari ayat-ayat Al-Qur’an, khususnya yang dibahas adalah surat An-nisaa. Kekurangannya paling cuma karena mulainya jam3, dan gw bisa jadi baru bangun 3.30, jadi gw sering kebagian nonton pas tanya jawab doang (salah gw sih..)..

2. 04.00 – 05.00 -> Para Pencari Tuhan
Setelah sahur sambil menunggu adzan, gw nonton serial Para Pencari Tuhan. Sinetron religi ini sangat menyenangkan untuk ditonton. Alur ceritanya menarik, gaya penceritaannya tidak membosankan, dan jelas pesan moralnya banyak dan mudah ditangkap. Kekurangannya mungkin dari sisi iklan dan kuisnya yang cukup banyak menyita waktu tayang.

3. 17.00 – 17.45 -> Ensiklpoedi Islam
Menunggu buka puasa, gw nonton acara ini. Acara yang menurut gw cukup ‘baru’ dalam pertelevisian ramadhan kita, sangat sangat menarik. Jadi setiap harinya Ustadz Abu Sangkan (pakar sholat khusyu’) akan menerangkan kamus sholat (kayanya dy yg bikin) dari A-Z, misal A:Allaahu Akbar. Dia juga selalu mengajari tata cara dan tips sholat yang benar dan khusyu’. Dipandu Shahnaz Haque, acara ini sangat memotivasi kita untuk bisa sholat lebih khusyu’ lagi. Kayanya ga ada kekurangannya, gw suka banget acara ini.

4. 17.45 – Adzan -> Rahasia Sunnah
Baru sekali nonton sih, tapi akan dirutinkan. Jadi seorang bule mualaf bernama Wahyu mengajak kita untuk memperdalam sunnah – sunnah Rasul. Mempelajari, dan insya Allah sebisa mungkin diamalkan. Karena baru sekali nonton jadi belum menemukan kekurangan, insya Allah nggak ada.

5. Adzan -> TVRI
Berhubung tv swasta adzannya ngikutin jakarta, jadi gw klo ngecek adzan ke tvri jabar deh.. Kekurangannya, gambarnya jelek.. Antena tv gw emang rada bermasalah..

Oke, segitu dulu cerita acara tv ramadhan gw.. Ikut nonton, yuk!!! 🙂

Wass. wr. wb.

Advertisements

3 Comments »

  1. Nadiah Alwi said,

    Memang paling enak kalau selama Ramadhan acara TV mendukung ibadah ya…

  2. syva bonsall said,

    @Nadiah : ass, salam kenal.. iya, senang memang kalau tv mendukung ibadah, bukan cuma hiburan yang bisa didapet, tapi juga ilmu dan pahala (insya Allah).. 🙂

  3. Nadiah Alwi said,

    Salam kenal juga 😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: