May 23, 2009

What if.. (1)

Posted in Uncategorized at 11:15 am by Mrs. Ghifary

Ass.

Judul yang aneh? Well, tampaknya harus dibaca selese sampe akhir. Sekedar warning, postingan ini panjang, jadi dibagi tiga, dan ternyata teteup panjang. Yang bertahan alhamdulillah, yang nggak ya gapapa. Sedikit resume, postingan ini (dan dua postingan setelahnya) utamanya tentang pengalaman gw tiga minggu ke belakang (sebetulnya udah dibikin dari minggu lalu). Selamat menikmati, semoga ada pesan yang bisa diambil (loh kok jadi serius gini?? :p)..

Cerita ini bisa dibilang berawal dari sekitar 7-8 tahun yang lalu. Ga inget sih tepatnya kapan, tapi kalo ga salah semuanya dimulai ketika gw masih SMP. Dari jaman SMP sampe sekarang, gw sering banget yang namanya sakit kepala. Ga tiap hari sih, tapi frekuensi sakitnya juga ga bisa dibilang normal. Antar periode sakit kepalanya bisa berjarak 1-3 hari, tapi bisa juga sampe 1-3bulan. Sakitnya kaya apa? Secara umum ada dua macem, yang pertama sakit di satu titik yang seakan-akan ditancep paku trus dipukul-pukul pake palu. Biasanya letak sakitnya di kepala bagian kanan bawah deket telinga. Yang jenis kedua itu sakit berarea, jadi agak luas gitu sakitnya, kira2 setelapak tangan, bisa di bagian kiri, kanan, belakang, tengah, depan, dari kepala, atau malah seluruh area kepala. Kalo yang ini sakitnya itu kepala jadi berat,  berdenyut-denyut kencang seiring dengan detak jantung. Buat jenis kedua ini rasa sakitnya  gw klasifikasiin tahapannya, jadi siaga, waspada, dan awas, hehe2..

Nah, biasanya klo gw sakit kepala, yang pertama gw lakukan adalah makan trus tidur (asumsinya gw belum makan jadi pusing), klo udah agak berat dikit, sebelum tidur minum panadol dulu (dulunya paramex, tapi ternyata agak keras). Kalo udah semakin tinggi kadar sakitnya, gw ngadu sama nyokap (mw gmana lagi, nyokap memang tempat mengadu) trus bisa ampe nangis deh (padahal jelas2 nangis bikin tambah pusing, bodoh memang).

Selama ini gw suka dibawa ke alternatif sama nyokap, dari mulai yang dipijit (sakit gila, trauma gw), minum air yang didoain, sampe yang ada jamunya segala. Dan hasilnya, bisa dibilang nihil, maklum ampe sekarang gw masih sering sakit kepala tuh. Mungkin ada penyebab gw ga terlalu percaya sama alternatif juga kali yah. Kenapa gw ga mw ke dokter? Karena gw mikir, masa datang ke dokter  cuma bilang, “Dok saya pusing”, kayanya agak kurang ngelit sebagai pasien, hehe.. Ntar ga diaku pasien sama dokternya. :p Lagian takutnya pas nyampe dokter, pusingnya udah ilang. Dan bener aja, sekali2nya gw curhat ke dokter masalah ini (waktu itu fokusnya ke gw yang lagi flu berat sih), dokter cuma bilang, “paling kamu kurang tidur, atau mungkin kamu stress yah..” Jadilah gw ga pernah menganggap serius si sakit kepala ini dengan ga sekalipun khusus membawa masalah ini lebih lanjut ke dokter.

Sampai dua minggu yang lalu nyokap telepon, “Dek, Sabtu pulang yah, Mama mau bawa kamu ke alternatif baru.  Insya Allah yang ini bagus.” Akhirnya datanglah gw bersama nyokap gw ke alternatif itu, sebut saja Pak Jikustik (nama disamarkan, umur sekitar 30an). Awalnya agak aneh, gw ga disentuh sama sekali (biasanya paling nggak ya dipijet kan), bapaknya cuma diem beberapa saat, kaya berpikir keras gitu, trus nanya2 dikit. Yang paling mantep sih pas Pak Jikustiknya bilang, biasa sakit di sebelah kanan ya? Hmm, jago juga nampaknya. Akhirnya dia bilang dengan pengobatannya gw harus minum sekian botol ramuan herbal (katanya sih dari sari kura-kura), trus kepala gw juga harus dibebat dengan ramuan. Sampailah gw pada pertanyaan, “Emang saya sakit apa?”

Pak Jikustik pun berkata, “Ada plak di pembuluh darah otak bagian sebelah kanan. Plak dari kapur. Itu membuat penyumbatan di pembuluh darah di otak.” Gw menganga beberapa detik, kemudian gw bertanya, “Kalo didiemin aja, gimana?” Pak Jikustik pun menjawab, “Bisa jadi stroke.”

Jeng jeng jeng jeng.. What if his diagnose was right??

To be continued…

Wass.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: