May 26, 2009

What if.. (3)

Posted in Uncategorized at 12:01 pm by Mrs. Ghifary

Ass.

Okeh, mudah2an keterlambatan posting ketiga “what if” ini ga bikin pembaca (halah, kaya ada yang baca) berpikir aneh2 tentang penyakit yang gw alamin..

Setelah dapet hasil periksa dokter, gw pun nelpon bokap, trus pulangnya gw rapat lagi sama keluarga.. Gw ga nyeritain semua yg dokter omongin ke nyokap si, terutama tentang wanita muda yang stroke itu, mengingat nyokap gw punya darah tinggi.. Nah karena besoknya gw kuliah, akhirnya diputuskan gw rontgen gigi di mintohardjo, tapi ct scan plus cek darah di bandung aja..

Hasil rontgen gigi di mintohardjo ga ada yang aneh sih, kecuali empat gigi graham gw yang paling ujung tumbuhnya miring semua.. Maklum rahang gw kecil.. Kalo kata dokter rontgennya sih, itu bisa jadi salah satu sebab pusing gw.. Tapi belum pasti juga, katanya nanti bakal diperiksa lagi sama dokter syaraf..

Gw cek darah di Bumi Medika Ganesha, poliklinik ITB.. Fyi, di sini itu asli labnya Prodia, tapi bayarnya cuma 75% dari harga Prodia.. Disubsidi 25% sama ITB.. Setelah dua kali ambil darah untuk dicek pada sejumlah tes (ada sekitar belasan nilai yang dicek), cuma ada dua nilai yang ga normal.. Yang satu nilai gula darah 2jam pp gw lebih rendah 11% dari batas normal, trus ada HCMC (klo ga salah, lupa jg gw, ga tw itu apaan) yang lebih rendah 0.3 % dari batas normal..

CT scan gw lakuin di RS Advent, atas saran sepupu gw yang kerja jadi suster di RS Al-Islam.. Ini CT Scan pertama gw (siapa juga yg udah pernah berkali2??), jadi sebetulnya gw antara deg2an sama penasaran.. Gw tiduran gitu trus kepala gw masuk ke alatnya yang bentuknya kaya donat guede banget.. Sayang kata paramedisnya gw disuruh merem, padahal gw pengen banget ngeliat apa yang dilakuin sama donat ituh.. Hasil CT Scannya jadi satu hari kemudian.. Gw sama sekali ga ngerti apa yang bisa dibaca dari gambar-gambar siluet otak gw yang jumlahnya ada puluhan.. Tapi dari tulisan yang dibuat radiolog Advent (alhamdulillah ketikan, bukan tulisan tangan, hehe..), bisa gw baca kalo diagnosa dokter syaraf gw bahwa gw sakit Chepalognia kronis (gw baru bisa baca diagnosanya setelah diketik sama radiolog, tulisan dokter syaraf gw terlalu bagus untuk bisa gw baca) ternyata tidak terbukti.. Alhamdulillaah.. Gw langsung nelpon bokap-nyokap gw..

Tepat seminggu setelah kunjungan ke dokter syaraf yang pertama, gw balik lagi ke sana bawa semua hasil tes.. Guess what?? Gw ketemu sama ko as ganteng itu lagi.. Gyahahahahahaha.. Dy masih tetep ganteng, dan kita masih tetep belum kenalan (intermezzo ga penting).. :p Oke lanjut, setelah nunggu hampir satu jam bersama pasien2 lain yang notabene udah pada punya cucu, akhirnya gw masuk ruangan dokter..

Dokter pun ngeliat semua hasilnya.. Dia bilang rontgen giginya ga ada masalah.. Setelah lihat hasil CT Scan dia bilang semuanya bagus, otak gw bentuknya masih normal, masih simetris, ga ada yang aneh.. Alhamdulillaah.. Dy bilang “ya kita kan cuma mau ngecek, kalau ada yang aneh ditindak lanjui, kalo normal ya syukur deh..”  Pas dokter ngeliat hasil cek darah, dy bilang gula darah gw rendah, dan ini bisa aja jadi sebab gw sering pusing.. Gw mungkin kekurangan asupan gula yang menyebabkan gw pusing.. Dan dia juga bilang, karena hasil yang lain bagus2, sebetulnya ga ada sesuatu yang berat yang menyebabkan pusing gw itu.. Ya paling si gula darah itu, tapi ga ada sebab khusus yang berkaitan dengan otak dan syaraf.. Kalo mau, katanya gw disuruh cek lengkap ke dokter gigi sama dokter THT, karena mungkin permasalahannya dari sana.. Tapi mengingat otak gw baik2 aja (ga ada plak atau penyumbatan apapun, karena dari awal keluarga gw cuma pengen tau bener apa nggak diagnosa Pak Jikustik..), gw dan keluarga memutuskan ga nerusin pemeriksaan ke dokter spesialis yang lain.. Dokter syaraf pun akhirnya ngasi gw obat buat diminum kalo gw pusing (ini yang dicari nyokap, beliau udh ga pengen gw minum obat warung lagi).. Selain itu dokter juga nyaranin gw minum jus apel tiap hari, yang mana sampe hari ini belum pernah gw lakukan, hehe..

Okeh, alhamdulillaah gw masih sehat wal afiat.. Terus buat apa gw nulis di blog kaya gini? Buat bikin gempar? Buat bikin orang mikirin gw (hehe :p)? Nggaklah.. Sebetulnya niat awal cuma buat ngingetin diri gw sendiri aja.. Gimana kalo ternyata semua itu benar.. Gimana klo ternyata gw beneran sakit.. Bukan mau berpikir negatif ya, tapi sekali lagi postingan ini cuma buat ngingetin gw di masa depan (dan masa sekarang), yang membuang-buang waktu dan kesempatan.. Yang mungkin tidak menghargai kesehatan serta peluang yang diberikan Allah.. Supaya gw bisa lebih bersyukur.. Bersyukur gw masih diberi kesehatan, masih diberikan waktu, peluang dan kesempatan buat ngelakuin hal-hal yang memang seharusnya gw lakuin (ayo syva, kerjakan dua huruf maut ituhh.. -_-“).. Coba gw beneran sakit, mungkin sekarang gw ga lagi nulis postingan ini.. Alhamdulillaah gw sehat, kenapa ga ngelakuin hal-hal yang bermanfaat sih, syv?? Itu aja sih intinya, kalo beberapa tahun ke depan “syva yang sudah lebih tua” membaca postingan ini, mungkin kelak dia bisa lebih mensyukuri dan menghargai apa yang telah Allah berikan dan apa yang tidak Allah berikan kepadanya.. Dan ga lupa buat ngejaga kesehatan.. Amin.. Semoga pembaca (sekali lagi, kaya ada aja yang baca aja, hehe :p) juga bisa mengambil hikmah dari apa yang gw tulis udah panjang2 ini… Amiin.. 🙂

Wass.

Advertisements

2 Comments »

  1. petra said,

    jaga kesehatan!

  2. reiSHA said,

    Wooo… Syukur lah Syv… Ntar kalo ketemu lagi, salam buat mas ko as yang ganteng itu ya, gyahaha…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: