May 3, 2010

Bismillaah, semoga barakah.. :)

Posted in Uncategorized at 8:00 pm by Mrs. Ghifary

Ass.

Warning: tulisan ini panjang *banget* lohh.. Pokoknya udah diperingatin yaa.. ๐Ÿ˜€

Hari ini, Senin 3 Mei 2010, akhirnya gw kembali memulai suatu petualangan baru.. Apa? Menempuh hidup baru? Menikah? I wish, haha.. Belum kok, gw masih belum dipercayakan Allah untuk menjadi bagian dari penyempurnaan agama seseorang, hehe.. Tapi alhamdulillaah akhirnya Allah mempercayakan gw untuk menjadi bagian dari *insya Allah* perkembangan suatu perusahaan.. ๐Ÿ™‚ Yup, alhamdulillaah setelah penantian yang cukup panjang, hari ini merupakan hari pertama gw bekerja di suatu perusahaan *ga diitung KP dan proyek yaa*.. ๐Ÿ˜€ (party)

Mmm, sebelumnya mau ngasi tau aja, postingan ini sama sekali bukan dibuat untuk pamer karena akhirnya gw dapet kerja yah *mudah2an ini hanya ketakutan pribadi gw aja, lebay as usual*.. Cuma ingin share pengalaman gw selama mencari kerja.. ๐Ÿ˜€ mudah2an bermanfaat.. enjoy! ๐Ÿ˜‰

Jadi saudara2, secara de facto *apa de jure sih, ntahlah, haha*, gw bisa dibilang pengangguran sejak 6 Oktober 2009, ketika di hari itu sidang yudisium fakultas menyatakan gw lulus.. Atau pada 24 Oktober 2009, ketika gw secara resmi diwisuda dari kampus Ganesha tercinta.. Tapi gw sebetulnya bener-bener ngerasa resmi jadi seorang penganggurannya itu pas tanggal 16 Oktober 2009, hari di mana gw ngelamar kerja untuk pertama kalinya, lewat Career Day ITB.. Di hari itu semua pengharapan sebagai seorang pengangguran terkumpul.. Dengan semangat โ€˜09 *aduh gw garing* hari itu gw niat abis bangun pagi2, nyetak CV yang udah disiapin dari hari2 sebelumnya, terus fotokopi CV, SKL (Surat Keterangan Lulus), transkrip, KTP, dan nyetak pasfoto *katanya niat abis tapi kok baru disiapin hari-H? :D*.. Terus nangkring deh bareng temen-temen seperjuangan sejak sebelum pintu sabuga tempat career day dibuka *I still remember what outfit I wore that day :D*.. Begitulah, semangat seorang newbie *perempuan lajang* pengangguran yang *saat itu hanya* berpikiran bahwa setelah kuliah yang utamanya dicari adalah dua hal: kerjaan atau suami, haha.. Eh salah deng, klo suami mah ga usah dicari yaa.. Malah kita yang dicari..*jiahaha berasa laku* Yak di hari itulah dimulai perjuangan gw mencari kerja.. B-)

Sejak hari itu, kerjaan gw adalah mencari kerja *eh, ga itu doang deng, yaaa ditambah โ€œkerjaanโ€ orang liburan lah yaa, hehe*.. Berkunjung dari satu career day ke career day lain, loncat2 situs lowongan kerja,ย  ngecek guntingan lamaran kerja di koran *makasi papa :)*, dan seterusnya dan seterusnya.. Sambil mencari, ya menanggapi hasil lamaran yang telah dikirim.. Dari satu psikotes ke psikotes lain, menghadiri satu interview ke interview lain.. Yaa standar sih, kalian merasakannya juga bukan, para job seeker?

Sebetulnya dari awal, gw emang rada pemilih sih sama kerjaan yang akan gw ambil nantinya.. Ada syarat2 yang harus terpenuhi sebelum gw memutuskan melamar suatu pekerjaan atau nggak *belagu banget yah, yang butuh siapa, yang ngasi syarat siapa (doh)*.. Pertama, gw ga pengen ditempatkan di daerah selain Jakarta, Bandung, Yogyakarta.. *Ampun bu, saya somse sekali -__-โ€œ* Alasannya selain ga berani jauh2 dr keluarga yg cuma ada di daerah2 tersebut, mungkin lebih berhubungan erat ke syarat nomer dua.. Syarat kedua, gw ga mau dilarang menikah dan hamil dalam kurun waktu tertentu.. Iya dong, masa gw dilarang2 nikah apalagi hamil, ih jahat amat.. Klo ada yang ngajak gw nikah terus batal gara2 gw ga boleh nikah, kan repot? :p Terus klo pas gw boleh nikah tapi gw ditempatin di Pare-Pare masa gw ninggalin suami gw, ya nggak? B-) Makanya ada syarat nomer satu tadi.. ๐Ÿ˜€ Syarat yang terakhir, gw ga mau kerjaan ngoding.. Gyahahahaha *yak, saya alumni informatika yang murtad, ampuuun :p*.. Walau akhirnya syarat terakhir ini rada pudar juga sih, karena pada akhirnya gw ngelamar2 ke lowongan IF yang kemungkinan ngodingnya sangat besar, hehe.. Tuh, gw pemilih kaaan, kayanya itu juga yang bikin gw cukup lama nganggur.. hehe.. ๐Ÿ˜€

Oke, balik lagi ke pencarian kerja.. Alhamdulillaah, dari awal gw bisa dibilang udah cukup mengetahui situasi pencarian kerja yang pada saat itu definisinya adalah: sulit.. Beberapa orang dekat telah secara tidak langsung mengajarkan gw bahwa, nyari kerja itu ga gampang, saudara2.. Pertama gw belajar dari kaka sepupu gw, yang hampir setahun baru dapet pekerjaan tetapnya.. Kedua dari kaka gw sendiri, yang baru kembali bekerja kurang lebih 7bulan sejak keluar dari pekerjaan pertamanya.. Dan terakhir, seorang teman yang gw bersyukur banget bisa ketemu dia di awal2 proses pencarian kerja gw.. Namanya Astrid, anak Unpadโ€™05 *ntah jurusan apa gw lupa* seumuran gw, yang gw kenal saat rangkaian tes kerja suatu bank swasta.. Dengan senyum cantiknya *yeah, youโ€™re so beautiful by the way :)* dia bercerita tanpa terlihat mengeluh sedikitpun, bahwa dia udah hampir 7bulan berjuang mencari kerja ke sana ke mari namun memang belum direstui untuk bekerja di suatu perusahaan.. Yaa belajar dari pengalaman beliau-beliau itulah pada akhirnya gw membentuk pemikiran sejak dini bahwa mencari kerja itu tidak mudah, yang harus dilakukan adalah ikhtiar mencari dengan sebaik mungkin, berdoa tanpa henti, dan tak lupa tawakkal padaNya.. Karena hanya Dia yang tahu waktu dan tempat terbaik untuk gw memulai mengemban tanggung jawab dan melaksanakan kewajiban terhadap sebuah perusahaan.. ๐Ÿ™‚ Eh tapi, bukan berarti ga ada yang gampang dapet kerjaan juga yaa.. Banyak kok temen2 gw yang mudah mencari kerja.. Yaa balik lagi semua kan punya rejeki masing2..ย  ๐Ÿ™‚

Minggu demi minggu pun berlalu, bulan demi bulan terlewati *ih kok jadi norak gini kalimatnya*.. Gw masi inget kegagalan pertama gw, ketika semua teman2 ย sejurusan gw lulus tahap pertama sebuah tes administrasi perusahaan multinasional *sebutlah UNV* yang kita lamar bersama *ketika itu hari ke2 career day*, gw menjadi satu2nya yang gagal di antara anak jurusan gw yang saat itu melamar di UNV *klo ga salah*.. Sementara temen gw yang saat itu nemenin gw udah pengen marah karena dy ngerasa aneh banget gw ga lolos di tahap administrasi, pikiran pertama yang terlintas di benak gw hanya โ€œYaa mungkin memang bukan rejeki gw untuk kerja di perusahaan UNV, suatu hari nanti Allah akan memberikan pekerjaan yang terbaik untuk gw kok, tenang aja B-)โ€.. Dan pikiran itu yang terus terngiang2 di kepala dalam 6bulan terakhir, tentunya dengan mengganti nama perusahaan โ€œUNVโ€ dengan nama perusahaan2 lain yang pada nolak gw, hehe.. ๐Ÿ˜€

Ntah mengapa ya begitulah, alhamdulillaah gw diberi kemudahan untuk menerima kenyataan bahwa banyak perusahaan yang menolak gw, haha.. Ga sampe stress atau gimana tuh, paling yaa jenuh2 kepengen kerja sih ada lah ya.. Hampir 6bulan gitu.. (doh) Tapi gw ga pernah ngerasa malu kok, ga pernah malu sama temen2 gw yang udah pada kerja, santai aja tuh.. Mungkin karena pengalaman beberapa orang yang gw ceritakan sebelumnya, ya.. Tapi emang kuncinya cuma satu sih, kunci yang juga bisa digunakan untuk siapapun yang sedang dalam masa penantian, apapun itu.. Percaya.. Thatโ€™s all.. Percaya bahwa kau telah melakukan yang terbaik, percaya bahwa Allah pasti mendengar doa2mu, dan percaya bahwa jawabanNya adalah yang terbaik, apapun jawaban yang akan Dia berikan, berapapun lamanya Dia memberikan jawaban.. Karena kesabaranmu suatu saat pasti akan diganti dengan sesuatu yang terbaik yang sepadan.. ๐Ÿ™‚

Yaa tapi kalaupun semua penolakan itu tidak sulit buat gw, belum tentu buat orang2 di sekitar gw, bukan? Mendengarย  cerita gw tentang temen2 gw yang kerja di sini dan di situ, belum lagi saudara kembar gw yang hanya butuh waktu menganggur kurang dari dua bulan saja sampai akhirnya mendapat pekerjaan, bokap nyokap gw tampak cemas.. Mereka ga pernah menyatakan kecemasannya secara langsung sih, tapi yaa keliatan aja *atau perasaan gw doang yah?*.. Bingung kali kalo ditanya temennya, โ€œanaknya sekarang kerja di mana?โ€.. Anaknya yang *katanya* lulusan perguruan tinggi ternama dan *katanya* berasal dari jurusan yang gampang dapet kerja kok ya 6bulan nganggur? Walau gw ga stress, tapi ada masa2 gw sempet ngerasa tertekan sih, karena belum bisa ngasih apa yang *sepertinya* mama papa inginkan.. Tapi yaa gw masi percaya sih, pasti akan datang waktunya, di saat yang paling tepat.. So thereโ€™s no need to be that worry, my dear Papa and Mama.. ๐Ÿ™‚ Dan belum lagi ditambah reaksi dari beberapa temen gw, yang kok kayanya ikutan gelisah juga gw ga dapet2 kerja.. Ditanyain mulu deh gw, hehe.. Gw sih ga pernah ngambil ati juga setiap ditanyain, malah mikirnya โ€œalhamdulillaah, masi diperhatiin temen2 di sekitarโ€..ย  So, thanx a lot guys, yang udah ngesupport gw dan membuat gw terus termotivasi..ย  ๐Ÿ™‚

Dan finally the day has come.. Terhitung 6bulan sejak gw merasa jadi pengangguran, terdapatlah sebuah perusahaan menyatakan senang bisa menerima gw bergabung bekerja bersama mereka. Well, gw mungkin jauh lebih senang daripada mereka, hehe.. Penantian gw, orang2 di sekitar gw, terjawab sudah.. Akhirnya gw mendapatkan pekerjaan yang alhamdulillaah memenuhi semua syarat2 yg gw inginkan.. Kalo ditelusuri mengenai perjalanan 6bulan terakhir, rasanya memang ga ada yang sia2.. Lamaran yang berjumlah 50-70 buah itu *kok kisarannya jauh yah*, psikotes yang sudah tak terhitung lagi *udah lupa di mana aja gw psikotes*, juga interview di berbagai tempat di Jakarta-Bandung, rasanya semua tampak masuk akal.. Sekarang2 sih mikirnya; โ€œOh, dulu tuh tes di sini supayaย  kemudian tau tempat tes di siniโ€, โ€œmungkin dulu diinterview di sini supaya bisa lancar interview di siniโ€, dan seterusnya dan seterusnya yang ujung2nya nyampe ke kesimpulan: โ€œdan semua pengalaman itu membuat gw kuat, membuat gw tahu, membuat gw bisa, membuat gw siap, hingga akhirnya tiba waktunya gw dirasa mampu olehNya untuk mengemban tanggung jawab dari sebuah perusahaanโ€.. Yup, itโ€™s just that simple..ย  ๐Ÿ™‚

Pokoknya kalau dipahami kembali, pasti adaaa aja hikmah di balik masa pengangguran ini.. Baik buat gw, maupun orang2 di sekitar gw.. Suatu hari gw akan ngepost khusus buat salah satu hikmah ini deh, nantikan saja *halah berasa postingannya ditunggu2, hehe*.. Yaa inti dari postingan ini adalah, bagi para job seeker di luar sana,ย  baik yang akan berjuang, baru mulai berjuang, yang sudah berjuang kurang dari 6bulan maupun lebih dari 6bulan, dan juga untuk semua yang dalam penantian, apapun itu, teruslah berusaha dan sabar.. Jangan stress menunggu penantian.. Jangan menyalahkan siapapun, apalagi menyalahkanNya yang tak kunjung memberikan jawaban.. Jangan jadi gila apalagi bunuh diri.. Jangan malu.. Ikhtiarlah sebaik mungkin, berdoa tanpa henti, dan tak lupa tawakkal dengan kepercayaan sepenuh hati kepadaNya.. Dan ga lupa, ikhlas dan bersyukur.. Ikhlas atas hasil penantian yang akan Dia berikan, bersyukur sebelum, saat dan sesudah Dia memberikan jawaban.. Pasti ada alasan dan hikmah dari setiap jawabanNya.. Karena itulah kita diberikan akal untuk berfikir, untuk memahami alasan dan hikmah tersebut, dan mengambil pelajaran.. ๐Ÿ™‚ Oia, sebaiknya selama masa pengangguran tetap seproduktif mungkin, yaa.. Jangan kaya gw, โ€œcumaโ€ ikutan โ€œtraining 6bulan menjadi ibu rumah tanggaโ€, hihihi.. :p

Akhir kata, doakan gw ya pembaca *tsaaah :p*.. Gw yang *agak* drama queen ini jujur aja memiliki beberapa ketakutan pribadi memasuki dunia baru ini *berasa anak tk baru masuk sekolah deh -_-โ€œ*.. Doakan semoga gw bisa dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru ini, semoga gw bisa mengemban tanggung jawab, melaksanakan kewajiban dan berkontribusi semaksimal mungkin.. Dan semoga pekerjaan baru gw ini menjadi pekerjaan yang barakah, yang bermanfaat bagi gw, orang2 di sekitar gw, perusahaan tempat gw bekerja, dan lebih jauhnya lagi semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat luas.. Terima kasih yang udah nge-aamiin-in, hihi.. Ok deh, sekian postingan yang panjang ini.. Mudah2an ada ada manfaat yang bisa diambil dari postingan ini *aamiin*, mengingat gw jaraaaaang banget bikin postingan serius/penting *atau malah ga ada ya?*, huehehehe.. Do what you love and love what you do.. semangat! (gym) Sampai ketemu di postingan berikutnya.. ๐Ÿ˜‰

Wass.

Advertisements

21 Comments »

  1. petra said,

    gyah, ketularan reisha ngepost panjang2….
    semangat yah buat kerjaannya syv!

    • syva bonsall said,

      iya panjang banget.. >.< hehe..
      terima kasih banyak petra.. atas supportlo selama ini.. ๐Ÿ™‚
      u r one of the "guys" i mentioned in this post loh.. ๐Ÿ˜‰

  2. irfan said,

    Semoga sukses siv..

    Karirnya lancar,, cepet jadi direktur Telkomsel. ๐Ÿ˜€

    Btw, dimasa pengangguran, kamu juga produktif mengembangkan bakat kan siv? Hehehe.

    • syva bonsall said,

      Aamiin.. Makasii doanya, irfan.. ๐Ÿ™‚ Semoga makin sukses juga GITSnya.. (gym)
      Bakat? (thinking) (blush) (lol) *aduh ini pikiran kita sama gak sih? :p*

      • irfanhanif said,

        Aduh..
        Lupa siv, dulu mikirnya apa… (thinking).

        Menurutmu bakat apa? (evilsmirk)

  3. anis said,

    uwaaaw,, bagus2. Mengingatkan gw harus mikir gmn kalo gagal diterima kerja ๐Ÿ˜€
    Sukses ya syv di tempat kerjanya ๐Ÿ™‚

    • syva bonsall said,

      makasii.. ๐Ÿ˜€ semangat anis!!! (gym) semoga selalu diberikan yang terbaik oleh Allah.. ๐Ÿ™‚

  4. ricong said,

    assa.
    amin bwt paragraf terakhir, makanya jd enterpreneur sif fufufu
    teruslah bermimpi, berusaha, dan bersyukur kawan! (Monterico, 2010) –halah–
    wass.

    • syva bonsall said,

      Wa’alaikum salam..

      makasi2 “aamiin”-nya.. ๐Ÿ˜€

      iya sih cong, pengen juga suatu hari punya usaha sendiri..
      ada cita2 juga sebetulnya, hehe..
      kalo sekarang sih mau belajar yg banyak dulu aja deh dari kesempatan yang udah ada.. ๐Ÿ™‚

      setuju banget dengan quote-lo! :-bd

  5. ghifar said,

    Peringatan di awal keknya gagal.. te2p aja dibaca, hehe ๐Ÿ˜›

    Gapapa panjang ๐Ÿ˜€ kisah menarik selalu ga pernah bosen buat disimak ๐Ÿ™‚

    salut sm perjuangannya mencari pekerjaan yg ‘pas’ ๐Ÿ˜‰ didoain deh *ngikut judul postingan lo ini* : bismillah, semoga barakah …amiin

    • syva bonsall said,

      malah seneng sih, kalo pada baca terus ampe abis.. yang penting udah diperingatin yaa.. (goodluck)

      menarik? alhamdulillah deh, hehe.. ๐Ÿ˜€

      makasi banyak doanya.. ๐Ÿ™‚

  6. Indah said,

    bagus syv tulisannya, mengingatkan gue buat semangat & sabar dlm nyari kerja. smoga kerjaan barunya membawa manfaat. ditunggu postingan tentang hikmahnya. ๐Ÿ˜‰

    • syva bonsall said,

      alhamdulillaah banget kalau tujuan postingan ini bisa tercapai.. ๐Ÿ™‚

      semoga diberikan yang terbaik oleh Allah ya, ndah.. semangat! (gym)

  7. inay said,

    yeah! Allah lah Yang Paling Tahu tentang yg terbaik bagi hambaNya ๐Ÿ™‚

    • syva bonsall said,

      yeah! betul sekali, bu!!! (cozy)

  8. tyas said,

    haloo ka syva..
    mampir nii ke blognya, hehe..
    ternyata seperti itu ya susahnya nyari kerja, tyas belom ngerasai , hehe.
    sumaaangattt!

    • syva bonsall said,

      waaa tyas kok bisa sampe sinii? ๐Ÿ˜€ hihi, gapapa kok aku seneng.. ๐Ÿ™‚

      hehe, nyari kerja susah, nyari duit susah.. ๐Ÿ˜€ tyas nikmatin aja dulu masa2 kuliah walaupun banyak tugas, hihi.. soalnya klo udah ninggalin masa itu pasti kangen berat.. :p semua ada masanya, yang penting berusaha, berdoa dan tetap semangat! :-))

  9. uchenk said,

    *do what you love and love what you do*
    mantap..
    and love will find you, if you try.. [katakan cinta]

    btw hp-nya jadi 2 ya syv?
    wahaw.. ๐Ÿ˜€

    • syva bonsall said,

      “love will find you, if you try.. [katakan cinta]”
      sooo, have u tried chenk? have love found you? :p *ga nyambung sama postingan, haha*

      hpnya jadi 2? iyah, haha.. abisnya sayang matiin nomer lamanya, walau jarang yg ngehubungin juga sih, hehe.. tp ga beli hp baru lagi kok, dihibahkan hp jadul ga berwarna gitu deh yg ga dipake sama papa.. ๐Ÿ˜€ atau uchenk mau beliin gw hp baru? ;;)

  10. ..Nanda.. said,

    Syva,,selamat bgabung,,;)
    *sok2 an bgaya pegawai lama padahal baru juga,hihihi*

    • syva bonsall said,

      ada nanda.. ๐Ÿ˜ฎ nyasar nan, ke sini? jadi ga enak.. hihi.. terima kasih loh sambutannya.. :p


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: