August 24, 2010

Ramadhan, saatnya manajemen hati

Posted in Uncategorized at 2:22 pm by Mrs. Ghifary

Assalaamu’alaikum wr. wb.

Kajian hari ke 9 Ramadhan – Aa Hadi

Loh kok loncat dari hari 7 langsung hari 9? Huhu, hari 8nya saya rapat 3jam nonstop dari 10.30 sampe 13.30. Jadi kelewatan deh kajian dzhuhurnya. Padahal penting tuh, judulnya urgensi mengelola keuangan keluarga. Yasud belajar tentang itu nanti di lain waktu saja. 😀

Hari ke9 diisi oleh ceramah Aa Hadi. Temanya Ramadhan saatnya managemen hati. Tapi sayang, tausiyahnya rada ga terorganisir, seringkali melebar dan ga balik ke tema. Kalo udah gitu saya bingung nyatetnya. Banyak ngasih analogi yang lucu juga, jadi makin bingung deh bikin tulisannya. Saya ceritakan seadanya catatan poin-poin saya saja yaa, bingung ngejabarinnya. 😀

1. Tidak diterima puasa seseorang jika ada masalah dengan orang tua, mertua, atau guru yang mengajarkan kita.
2. Tafakur di setiap nafas. Hendaknya kita mengkaji apa2 yang terjadi di dunia ini, mengingat kebesaranNya, setiap waktu. Setiap tarikan nafas.
3. Yang seharusnya dikeluhkan oleh kita bukanlah ibadah dan tata caranya, tp ibadah kita sendiri. Bahwa ibadah kita masih jauh dari sempurna.
4. Lakukan semampunya. Aduh lupa poin ini apa maksudnya. maap. >.<
5. Ramadhan saatnya mengaca diri. Bercermin akan ibadah kita selama ini, saatnya memperbaiki diri.

Aa pun sempat membahas agak lama, hadits qudsi yang terpampang di standing banner ramadhan kantor saya, yakni “Seluruh amal anak Adam baginya selain puasa, sesung­guhnya puasa itu bagiKu dan Aku membalasnya”. Menurut beliau, jika kita membaca berulang2 hadis tersebut dan memaknainya dalam hati, 15menit saja, rasanya sudah cukup untuk kita menjalankan puasa dengan sebaik2nya.

Sekian dulu, maaf ya sedikit, hehe.. 😀

Wassalaamu’alaikum wr. wb.